Minggu, 18 Maret 2012

ngegym + body combat vs pola makan (diet)

Well, sejak Oktober tahun lalu, gw bisa dibilang rajin pergi ke tempat fitness di kantor. Pada awalnya hanya join body combat tiap Kamis, dengan alasan

1. gratis
Jelas, kalo bayar jadi mikir dua tiga kali untuk join.

2. nunggu lalu lintas sepi
Ntah kenapa justru hari Kamis malam situasi lalu lintas Gatsu macet separah Jumat malam. So body combat bisa gw gunain sebagai pengalih waktu menunggu. Setidaknya hingga waktu Isya masuk baru mulai jalan pulang.

Seiring waktu berjalan, kebutuhan akan ngegym makin terasa. Terlebih beberapa teman kantor mengajak untuk melakukan fitness pada waktu istirahat siang. Tidak heran memang kalo di ruang fitness bakalan sunyi senyap tanpa orang. Dan kita bisa memakai alat sepuasanya meskipun hanya satu jam.

Makin ke belakang, ada juga yang mengajak ngegym pagi hari. Untuk kali ini gw masih mikir-mikir. Gimana nggak, rumah nun jauh di pelosok Jakarta Timur, untuk bisa ngegym pada pukul 6 (secara pukul 7 masuk kantor) harusnya beranjak dari rumah setelah Subuh. Tapi beberapa kali gw join untuk season pagi. Surprisingly, ramenya minta ampun. Musti ngantri kalo make alat.

Bagaimana dengan sekarang? Gw sekarang ngekost deket kantor. Mo ngegym pagi tinggal ngesot, mo siang tinggal juga ok. Tapi untuk sore agak berat, alasannya ya gw pengen mengalokasikan waktu sore untuk yang lain. Tahu sendiri anak kosan musti apa-apa sendiri.

Untuk fitness gw memang sengaja tidak mengambil kelas private. Tanpa pelatih (kecuali body combat). Alasannya simple: gw cuman pengen menyegarkan badan sahaja. Tidak lebih. Pengaturan makan aka diet bisa gw lakuin sendiri. Penggunaan alat-alat pada ruang fitness juga tertentu saja. Gw gak terlalu minat untuk membesarkan otot maupun tujuan umum orang mengikuti fitness.

Bagaimana pola makan gw?
Gw sadar dengan suasana kerja kayak gw dengan berbagai fasilitas bisa menyebabkan kebengkakan badan. Bayangin aja kalo gw kagak fitness. Beuh, melarr-lar. Padahal gw udah mengurangi nasi, sengaja tidak memilih menu daging (selalu ikan), dan perbanyak minum. Pola yang susah dihindari:

1. ngemil
di kantor ada istilah kurap aka kue rapat. kalo projek lagi jalan bakalan tiap hari ada meeting disertai kue-kuenya...

2. gorengan
susah banget menolak untuk tidak mencicipi gorengan, hehehe

Tapi semoga dengan kerutinan yang sekarang sedang dijalankan bisa membuat badan gw lebih segar sehingga lebih bersemangat untuk bekerja dan mempertahankan berat badan. Lebih bagus lagi turun menuju ideal aka normal BMI. Sekarang masih tergolong overweight huhuhu...

2 komentar:

AdeLheid mengatakan...

cieh kiko yg rajin pitnes, dah berotot lum? hahaha....
iya yg penting sehat, mumpung masih muda jaga badan masih ga terlalu susah :) duh kangen gorengan indo~

- HQ - kiko - mengatakan...

kagak Del, gw cuman nyari seger aje...

gorengan mah bikin sendiri sahaja... :D