Rabu, 29 November 2006

NGEBLOG


Hampir semua rekan saya (terutama yang telah mendalami internet lima sampai sepuluh tahun terakhir ini) menampilkan alamat situs pribadi mereka dalam signature emailnya.

Mulai dari nama yang formal, berbau bisnis, sampai yang sangat personal dan dengan mudah ditebak, nama anak-anak mereka tersayang.

Lima tahun yang lalu mungkin hal ini masih impossible untuk mereka yang tidak mendalami dunia perkomputeran -- istilah pribadi -- tapi kini, ketidaktahuan mengenai html bukan berarti tidak bisa memiliki sebuah situs pribadi.

Bukan, saya tidak sedang menyarankan untuk menyewa jasa seseorang untuk mendisain dan me-maintain situs kok (walaupun hal ini bisa saja apabila memang mau dan mampu), tapi saya sedang membicarakan tentang fasilitas Blog atau Weblog.

Kini, internet yang telah menjadi sebuah sarana serba ada dan serba bisa -- dan yang paling penting, serba (kebanyakan) gratis -- juga menyediakan ‘layanan’ kepemilikan situs pribadi dengan berbagai template disain yang bisa dipilih, diaplikasikan dan di-update sendiri oleh siapa pun juga, kini dikenal dengan istilah nge-Blog.

Nge-Blog berarti, memiliki situs pribadi tempat berbagi cerita, tips, foto, tulisan-tulisan yang bersifat pribadi, kumpulan puisi, curhat atau apa saja yang bisa diupdate dengan sangat mudah. Dengan memiliki sebuah Blog, maka kita resmi disebut sebagai seorang Blogger.

Pasangan muda yang berada diluar negri kini tak perlu lagi repot-repot mengirimkan surat panjang lebar dan setumpuk foto-foto yang memperlihatkan perkembangan anak-anak mereka kepada sang kakek dan nenek di tanah air (yang umumnya sudah malas belajar membuka email). Cukup dengan mengset-up sebuah blog yang berisi perkembangan si kecil dari waktu ke waktu.

Tidak ada tempat lain yang mau mempublish hasil tulisan, review politik, review musik atau karya-karya puisi? Blog bisa menjadi sarana yang mem-publish semua ini.

Diantara sekian banyak layanan internet yang menyediakan fasilitas hosting blog, dua diantaranya yang paling populer adalah
http://www.blogger.com/ dan http://www.blogdrive.com/. Blogger maupun Blogdrive sama-sama gratisan dan sama-sama memiliki fitur –fitur yang relatif mudah diaplikasi. Selain itu keduanya juga menyediakan pilihan template disain yang dapat langsung terpasang sejak register dan set up awal – nantinya dapat dimodifikasi dengan mudah.

Kesulitan biasanya akan timbul saat seseorang yang (tadinya) buta html namun berkeinginan mengganti disain blog. Sebetulnya, hanya dengan sedikit ketekunan, template disain (misalnya dari
http://www.blogskins.com/) dapat langsung diaplikasikan pada Blogger dan Blogdrive. Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai forum komunitas para Blogger yang antara lain membahas tutorial disain dan aksesoris blog.

Blog secara umum adalah:
Content posting atau isi cerita dengan komposisi penulisan: tanggal tulisan (atau publish), judul posting, isi posting, permalink dan
comments.

Selain itu, ada beberapa tambahan info yang biasanya ditempatkan pada sidebar blog:
  • profile sang penulis
  • info link favorit
  • info previous post
  • info Archieve (bisa harian, mingguan, bulanan)
  • info link rekan-rekan sesama Blogger
  • shoutbox atau tagboard.

Rekan saya pernah menulis tentang ungkapan yang paling kondang dalam dunia per-frienster-an, yaitu “add gue dong”.

Nah, di dunia per-blogging-an…istilah yang sangat familiar adalah “ijin nge-link ya”. Ini berarti kita sedang ‘mengajukan permohonan’ untuk di-add dalam list rekan sebuah blog. Biasanya sih, tidak ada yang ditolak. Karena ini menjadi salah satu ‘tanda semakin luasnya pergaulan’ empunya Blog. Atau bahasa resminya, traffic si blog menjadi semakin ramai.

Biasanya semakin lama seseorang nge-blog. list links teman-teman Bloggernya akan semakin panjang. Dan sebuah blog yang trafficnya ramai biasanya akan terlihat juga dari banyaknya komentar dalam mengomentari sebuah postingan.

Hal lain yang cukup menarik dalam nge-Blog adalah adanya silaturahmi secara tidak langsung.

Pernah dengar istilah Blogwalking?
Seorang Blogger A mengunjungi blog B, C, D, dstnya dan meninggalkan pesan di setiap blog -- baik di shoutbox maupun mengomentari post. Biasanya “kunjungan” A ini akan dibalas oleh B, C, D, dengan mnegunjungi blog A dan melakukan hal yang sama.

Kadang melelahkan namun cukup seru…terkadang apabila telah lama tidak Blogwalking (padahala banyak kunjungan yang harus dibalas) maka yang terjadi adalah Blogrunning – sekedar say hi atau mengucapkan hepi wiken! pada shoutbox. Yang penting, sang Blogger bersangkutan tetap ‘beredar” di dunia perbloggingan.

Umumnya blog yang paling ramai adalah yang:

  • Pemiliknya rajin blogwalking.
  • Isi postingannya bermanfaat misalnya tips bisnis atau info resep masakan.
  • Isi postingannya sangat “reality show” alias jujur dalam menceritakan kejadian sehari-hari sang pemilik – baik fun maupun sedikit pedih (biasanya dalam bentuk puisi-puisi).

Apapun alasannya, Blog yang ramai trafficnya kelak akan memberi kesempatan pada sang pemilik untuk melakukan lebih banyak hal lagi pada blognya. Misalnya, menyelipkan info bisnis, pencantuman ad banner, adsense, dll. Pada saat inilah sangat tepat untuk kemudian merubah domain name blog dengan sebuah nama domain yang lebih ‘kredibel’ untuk mempromosikan bisnis melalui blog. Sehingga, signature email pun akan tampil lebih ‘keren’…

Oleh:
Nadia Yuniardo

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pengen sey bkin blog gituu
tapi kok males ya
lebih suka cara tradisional,,
nulis di buku,,
hihihi
jadul yach,,

- HQ - kiko - mengatakan...

yaa Resty....
jadul banget kayak gitu.....
tulis aja dulu di flash disk..
nah kalo dah banyak kan tinggal di upload aja di blog
:D :D :D